Minggu, 30 September 2012

Sedekah Online, MARI ke marimembantu.com



        Akhir akhir ini, Sedekah sudah menjadi sebuah gaya hidup. Mengapa bisa sedekah sudah menjadi sebuah gaya hidup. Jawabanya adalah karena banyak keajaiban keajaiban yang terjadi sebab orang bersedekah. Di luar sana banyak sekali testimoni tesmoni masyarakat yang benar benar merasakan manfaat dan barokahnya bersedekah.  Berikut ini beberpa manfaat sedekah yang saya sarikan dari begitu banyak manfaat-nya :

       >>   Sedekah mengundang datangnya rezeki

    Banyak yang beranggapan bahwa dengan orang rajin berinfaq, maka harta orang tersebut akan menjadi berkurang. Sifat takut tersebut memang wajar di rasakan oleh setiap manusia. Karena musuh manusia yaitu setan selalu menggoda manusia yang selalu menakut nakuti manusia dengan kemiskinan. Sebagaimana Firman Allah SWT :

"Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat buruk (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui" (Qs Al-Baqarah 268).

Padahal tidak pernah ada sejarah semenjak zaman dahulu sampai dengan sekarang, orang yang rajin bersedekah jatuh miskin. Malah sebaliknya orang yang selalu bersedekah, maka rezekinya selalu berlimpah dan barokah. Kita bisa lihat banyak sekali orang yang sudah merasakan keajaiban dari bersedekah tersebut. Karena, hal ini juga sesuai dengan Janji Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya :

"Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya" (Qs Saba' 39).

Sebagai bukti-nya, kita bisa belajar dari Bill Gates. Pada 2008 lalu, pada Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation. Mereka menyumbangkan untuk kegiatan kemanusian dan sosial ke seluruh mancanegara. Bahkan pada tahun 1999, Bill Gate menyumbangkan 5 miliar dolar Amerika Serikat kepada yayasan sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian terhadap korban bencana yang dirikannya itu bersama sang Istri Melinda French. Setelah menyumbangkan dalam jumlah besar tersebut, apakah Bill Gates jatuh miskin. Jawabannya tidak, karena  sampai dengan tahun ini hartanya malah bertambah, ini di buktikan dengan predikat beliau yang masih menjadi orang Ter-kaya di Amerika Serikat. Bisa di lihat disini informasinya.  

>>      Sedekah Menolak bala

     Bencana selalu datang silih berganti. Gempa, Gunung meletus, banjir, longsor dan badai, penyakit adalah bencana yang sangat familiar di telingi kita. Bencana datang tidak memandang apakah dia orang kaya, orang miskin, orang beriman, Pejabat, Aparat ataupun rakyat. Jika sudah tiba waktunya, maka bencana itu pasti akan datang. Namun demikian tahukah kita, bahwa ada hal yang dapat menolak bala. Apakah itu ? Hal tersebut adalah Sedekah. 

Nabi bersabda: “Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk” (HR Tirmidzi).

Koq bisa begitu ? Ya, Karena sedekah adalah energi positif yang menggulung energi negatif. Bayangkan saja jika hal negatif sudah mau mendekat, sebab kita bersedekah maka energi positif akan menimpa energi negatif. Hal itu juga berkat doa saudara sudara yang kita bantu. Yang meminta gar kita  di jauhkan dari segala bencana, di berikan harta yang berlimpah, di berikan keturunan, di berikan kesehatan dan masih banyak lagi yang lain. Sesuai dengan esensi do'a itu sendiri memohon atau meminta sesuatu yang baik (positif) daripada Allah SWT yang Maha Pemurah.

           Ada sebuah kisah yang di negara mesir, suatu ketika daerah pertanian     mesir mendapatkan serangan dari hama. Namun aneh-nya ada sebidang tanah yang tidak terkena hama belalang. Ketika di tanya oleh seorang petani lain-nya, apa yang kamu berikan sehingga sawah mu tidak terkena hama belang. Dia pun menjawab “saya tidak pernah memakan harta orang lain dan ketika panen tiba, aku keluarkan zakat-nya dan sisa-nya aku bawa pulang.”
         Dengan segala macam manfaat seperti yang di jelaskan di atas, maka rasanya perlu bagi kita untuk menjadikan sedekah sebagai sebuah life stlye atau gaya hidup. Tapi saya tidak punya waktu untuk pergi ke panti asuhan dan dimana  saya harus mencari kaum dhuafa untuk saya beri pertolongan. hehehe. Tenang saja dengan berkembangan teknlogi informasi saat ini, sedekah bisa di lakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satunya adalah sistem yang di bagun oleh Lembaga Zakat Dompet Dhuafa marimembantu.org. berikut ini saya jabarkan 4 langkah Mudah sedekah secara online di marimembantu.org.  
  
1.          Luruskan Niat

    Niat ini penting bagi seorang yang ikhlas dalam bersedekah. Segala perbuatan berawal dari niat. Jika temen temen berniat baik maka hasilnya juga baik namun sebaliknya jika mempunyai niat buruk maka niatnya juga akan buruk. Walaupun transaksi di lakukan secara online, kita niat 100 % dengan sedekah ini karena Allah SWT dalam rangka upaya mengentaskan kemiskinan di indonesia. Zakat sebagai solusi mengentaskan kesmiskinan bisa di lihat tulisan teman kita yang ada disini .

 2.      Pilih Target Donasi

      Segera buka website zakat online yaitu marimembantu.org. Setelah terbuka, kita bisa memilih saudara saudara yang ingin kita bantu. Bermacama macam target bantuan yang kita temui di sini seperti saudara saudara kita yang butuh modal untuk usaha, saudara saudara untuk biaya kesehatan, sedekah ambulance, bantuan pendidikan, bantuan anak yatim piatu dan lain sebagai-nya, seperti gambar di bawah :

Namun demikian, di marimembantu.org selain kita bisa bebas memilih salah satu target yang kita bantu, kita juga bisa memilih target bantuan lebih dari satu. Misalkan kita ingin membantu saudara saudara kita yang butuh uang untuk berobat dan untuk pendidikan anak yatim piatu. Kemudian, untuk melanjutkan proses donasi kita klik tombol merah “DONASI SEKARANG” di bawah foto bantuan.

3.     Tentukan Jumlah Donasi

Setelah kita memilih saudara saudara kita yang ingin di bantu maka selanjutnya, kita segera donasikan sedekah terbaik kita di sini dengan menekan tombol “Donasi Sekarang !” di sebelah kanan . Pilihan nominal-nya ada 2 yaitu  yaitu 50.000 dan 100.000.  Seperti gambar di bawah :


4.      Donasi Sekarang !

     Jika kita sudah menentukan jumlah donasi, maka selanjutnya adalah eksekusi. Kita bisa lihat di sini daftar “belanja” sedekah kita. Jika bisa juga melakukan sumbangan lagi dengan menekan tombol “Sumbang Lagi”. Jika sudah, maka kita tekan tombol selanjut-nya. Kemudian, masuk ke halaman pengisian form identitas guna melengkapi informasi data diri kita sebagai penyumbang. Setelah itu, pembayaran voucher sumbangan akan dilakukan di dalam sistem iPayMu


     SELESAI. Sangat cepat dan mudah. Tidak perlu keluar rumah, cukup dengan akses marimembantu.org di depan laptop dengan segelas teh hangat, kita sudah ikut serta dalam membantu saudara suadara kita yang kurang mampu. Oke sebagai penutup saya ingin mengatakan bahwa jika boleh di ibaratkan, Sedekah itu ibarat Pohon. Ketika kita melihat pohon mulai layu, kita coba untuk menyiraminya di pagi hari, memberinya ia pupuk dan menghangatkanya dengan sinar matahari hingga pohon yang layu tersebut berubah menjadi pohon yang kuat dan sehat. Jika sudah kuat dan sehat tentunya, pohon tersebut dapat memberikan manfaat kepada si pemilik dan melindunginya ketika terjadi hujan. Pohon di sini adalah saudara saudara kita yang memerlukan bantuan. Pupuk, air dan sinar matahari adalah bantuan kita terhadap sumbangsih kita dalam meringankan beban mereka. Jika pohon sudah kuat dan sehat atau  Jika orang yang kita bantu tersebut sudah bisa mandiri dan beban-nya sudah mulai berkurang. Maka Allah SWT akan memberikan kita manfaat terhadap pohon yang kita rawat tersebut berupa keteduhan (red. Ketenangan batin), buah buahan yang segar (red. rezeki yang berlimpah), melindungi ketika hujan deras (red. Menolak bala) dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Wallahu’alam
***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar